TEKS

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA
Blog ini berisi kumpulan artikel,puisi dan film favorit saya.semoga blog ini bermanfaat untuk anda

Selasa, 14 Februari 2012

TENTANG PEMBUATAN ALBUM PERTAMA LED ZEPPELIN


ALBUM LED ZEPPELIN I
Led Zeppelin adalah album pertama dari band asal Inggris,Led zeppelin Album ini direkam pada bulan Oktober 1968 di Olympic studio London dan diterbitkan oleh Atlanctic record pada tanggal 12 Januari 1969. Album ini dilengkapi dengan kontribusi yang menyatu dari masing-masing anggota Led Zeppelin dan meletakan dasar fusi blues dan rock khas Led Zeppelin. Led Zeppelin juga menciptakan sekelompok besar penggemar, dengan konsep heavy metal yang unik, yang turut menciptakan gerakan kontra-budaya di kedua sisi Samudera Atlantik.
Meskipun pada awalnya album ini mendapatkan pandangan negatif, album ini laku keras di pasaran dan kritikus pun sudah mulai melihat album ini dengan pandangan positif. Pada tahun 2003, album ini tercatat di peringkat ke-29 pada daftar 500 Album terbaik Sepanjang Masa yang diterbitkan majalah musik, Rolling stones.
SEJARAH
Pada bulan Agustus 1968, band rock Inggris,The yardbirs telah bubar secara resmi. Gitaris Jimmy page, satu-satunya anggota The Yardbirds yang masih tersisa, ditinggalkan hak nama band tersebut dan kewajiban kontrak untuk mengadakan serangkaian tur konser di Skandinavia. Untuk band barunya, Page merekrut bassis Paul jones vokalist Robert plan dan drummer John bonham.
Selama bulan September 1968, Led Zeppelin melakukan serangkaian tur sebagai The New Yardbirds, memainkan serangkaian lagu lama dari The Yardbirds beserta lagu-lagu baru seperti "communication breakdown", "I can’t quit you baby", "You shook me", "Babe i’m gonna leave you" dan "How many more times". Sebulan sekembalinya mereka ke London, pada bulan Oktober 1968, Page mengganti nama The New Yardbirds, menjadi Led Zeppelin, dan Led Zeppelin kemudian memasuki olympic studio di London untuk merekam album perdana mereka.
Perekaman dan produksi

Sesi rekaman
Pada sebuah wawancara tahun 1990, Page menyatakan bahwa album ini hanya memakan waktu sekitar 36 jam saja (tersebar di beberapa minggu) untuk membuat (sekaligus prosesmixing). Page menambahkan lebih lanjut, bahwa dirinya mengetahui hal ini berdasarkan jumlah tagihan pemakaian studio mereka. Salah satu alasan utama dari waktu perekaman yang tertgolong singkat ini adalah bahwa material album yang akan direkam sudah sering dilatih dari awal dan telah direncanakan sejak Tour of scandinavia pada bulan September 1968. Seperti yang dijelaskan oleh Page, "Band ini telah mulai mengembangkan aransemen aransemen pada saat tur di Skandinavia, dan saya tahu persis suara seprti apa yang saya cari. Semuanya datang bersamaan dengan sangat cepat.
Sebagai tambahan, sejak band ini belum menandatangani kesepakatan apapun dengan Atlantic records. Page dan manajer Led Zeppelin, Peter grant membayar semua sesi perekamannya sendiri, yang artinya adalah tidak ada uang perusahaan rekaman yang dipergunakan kala membayar jam perekaman yang berlebih Pada sesi wawancara yang lain, Page mengakui bahwa swadana ini untuk memastikan kebebasan berseni mereka, "Saya menginginkan kontrol artistik pada tingkat yang berbeda, sebab saya mengetahu denga tepat apa yang ingin saya lakukan bersama teman-teman saya ini. Bahkan sebenarnya. saya mendanai dan merekam sepenuhnya album pertama ini sebelum saya ke Atlantic (perusahaan rekaman). ... Bukan cerita biasa ketika Anda maju selangkah di depan pada proses pembuatan album-kami tiba di Atlantic dengan rekaman di tangan ... Reaksi Atlantic sangatlah positif-maksud saya, mereka membuat kontrak dengan kita, kan?"
Biaya yang terhitung saat Led Zeppelin merekam album ini adalah sebesar £1,782. Pakar Led Zeppelin, Dave Lewis mencatat bahwa "dengan pengecualian perekaman 12 jam yang The beatles ambil untuk merekam album pertama mereka di Abeey road jarang ada pemakaian studio yang sangat ekonomis seperti ini. Album pertama Led Zeppelin laku terjual lebih dari £3.5 juta, hanya sedikit kurang dari 2,000 kali lebih dari yang mereka investasikan!"
Untuk perekaman ini, Page menggunakan sebuah Fender telacaster yang dicat pyhscidelic, sebuah hadiah dari  Jeff beck setelah Page merekomendasikan teman masa kecilnya ke the The yardbirs pada tahun 1965 sebagai pengganti yang potensial untuk Eric clapton pada posisi lead guitar.Ini berbeda dari gitar yang lebih banyak dipakai pada album-album beikutnya (yang paling terkenal Gibson les paul). Page memainkan Telecaster ini dengan memakai amplifire supro. Dia juga menggunakan Gibson J-200, yang ia pinjam dari Big jim sullivan untuk merekam lagu-lagu akustik pada album ini. Untuk lagu "Your time is gonna come" ia memakai steel guitar Fender 10-senar.
Produksi
Led Zeppelin diproduseri oleh Jimmy Page dan ditangani secara teknis oleh Glyn john yang sebelumnya sudah pernah bekerja bersama The beatles, The rolling stone dan The who Kata Page, "Album pertama adalah album live, benar-benar live, dan ini dilakukan dengan sengaja. Terdapat banyak overdubs disana-sini, tetapi lagu aslinya adalah live."
Page dilaporkan menggunakan ruangan dengan nuansa alami untuk meningkatkan efek reverd dan tekstur perekaman saat pengambilan suara, menujukan inovasi pada perekaman yang telah ia pelajari selama hari-hari awal kariernya. Sampai akhir 1960-an, mayoritas produser musik menempatkan mikrofonnya tepat di depan amplifier dan drum. Untuk Led Zeppelin Page mengembangkan ide untuk menempatkan mikrofon tambahan yang diletakan agak jauh dari amplifiar (beberapa sejauh hampir 20 kaki) dan kemudian merekam dengan seimbang keduanya. Dengan menerapkan teknik "jarak sama dengan kedalaman" ini, Page menjadi produser pertama untuk merekam "suara-nuansa"-jarak dari setiap time-lag' not dari ujung ruangan ke ujung ruangan lainnya.
Fitur lainnya yang patut dicatat dari album ini adalah "kebocoran" pada perekaman vokal Robert Plant. Pada sebuah interview yang dilakukan oleh Guitar World tahun 1998, page menyatakan bahwa "Suara Robert sangat kuat dan, sebagai hasilnya, akan bocor ke track lainnya. Tetapi anehnya, kebocoran ini tampaknya disengaja." Pada lagu "You shook me", Page memakai teknik "backward echo". It involves hearing the echo before the main sound (instead of after it), and is achieved by turning the tape over and employing the echo on a spare track, then turning the tape back over again to get the echo preceding the signal.
Album ini adalah salah satu album pertama yang dijual ke pasar hanya dalam format stereo; pada saat itu, para produser biasanya merilis ke pasaran baik versi mono maupun versi stereo.

Artwork
Sampul depan Led Zeppelin, yang dipilih oleh Page dilengkapi oleh gambar monokromatik dari terbakarnya kapal udara Hindenburg. Gambar ini merujuk terhadap asal nama band ini sendiri: ketika Page, Jeff beck dan anggota The who, Keith moon dan John enwistle sedang mendiskusikan ide membentuk sebuah grup band, Moon berkelakar, "Band itu mungkin akan jatuh seperti balon udara", dan Entsistle menambahkan, "...sebuah balon Zeppelin!"
Sampul belakang Led Zeppelin dilengkapi oleh foto anggota Led Zeppelin yang diambil oleh mantan anggota Yardbird,Chris dreja. Desain sampul album sepenuhnya dikordinasikan oleh George hardie, desainer yang akan terus dipakai oleh Led Zeppelin untuk sampul-sampul berikutnya.
Hardie mengingat bahwa pada awalnya ia menawarkan Led Zeppelin sebuah desain berdasarkan sebuah lambang club tua di San Francisco-sebuah gambar multi-sekuen dari kapal udara Zeppelin yang melayang di udara. Page menolak, tetapi logo ini tetap diterima sebagai logo untuk sampul belakang untuk kedua album pertama dan juga beberapa iklan pers awal. Selama beberapa minggu pertama rilis album di Inggris, sampul album dilengkapi dengan nama band dan logo Atlantic berwarna turquoise.
Ketika sampul ini diganti menjadi warna oranye yang umum dipakai sekarang, album yang bersampul warna turquoise menjad benda koleksi langka.
Sampul album, ini mendapat perhatian massa ketika, pada sebuah sesi bulan Februari 1970 di Kopenhagen, Led Zeppelin diundang sebagai "The nobs" sebagai hasil dari ancaman hukum Eva von Zeppelin (saudara dari pembuat kapalterbang Zeppelin). von Zeppelin, ketika melihat logo Hindenburg terbakar, mengancam untuk menghentikan acara dari saluran radio. Pada tahun 2001, Greg kot menulis di majalah Rolling stone bahwa "Sampul album Led Zeppelin. . . menunjukan kapal udara 'Hindenburg' pada kejatuhannya yang agung, terbakar. Gambar ini cukup sukses untuk merangkum isi dari album ini: seks, bencana, dan barang-barang terbakar.
Komposisi
Keaslian konsep album ini ditunjukan pada lagu-lagu seperti "Good times bad times", "Dazed and confused" dan "Communication breakdown", yang memiliki suara berat yang khas untuk fans rock muda di era akhir 1960-an. Led Zeppelin juga dilengkapi dengan suara gitar akustik yang lembut oleh Page pada lagu "Black mountain side", dan kombinasi pendekatan akustik dan elektrik pada versi adaptasi mereka untuk lagu "Babe i”m gonna lave you”. "Dazed and confused" acap kali dikatakan sebagai inti dari album itu sendiri: sebuah aransemen yang penuh firasat dilengkapi dengan nada bass menurun dari Jones, hentakan drum yang berat dari Bonham, dan beberapa riff dan solo yang kuat dari Jimmy Page. Lagu ini juga memperdengarkan Page yang memainkan gitarnya dengan sebuah penggesek violin (ide yang disarankan oleh David Mcalllum SR yang ditemui Page saat melakukan perekaman di studio). 
Permainan gitar yang digesek di bagian tengah lagu membawa psychedelic rock ke eksperimen di ketinggian baru, khususnya pada versi tambahan panggung, menciptakan bentuk awal musik Page yang dulu pernah dilakukan pada masa akhir The yardbirds. "Dazed and Confused" akan menjadi lagu kunci setiap konser Led Zeppelin di tahun-tahun mendatang. Teknik penggesekan gitar juga digunakan pada lagu "How many more times", sebuah lagu yang dilengkapi riff berpola "bolero" dan pergantian-pergantian candence yang diimprovisasi dengan baik.
Banyak lagu-lagu awal Led Zeppelin yang berasal dari lagu standar blues, dan album ini juga dilengkapi dengan tiga lagu yang diciptakan oleh artis lain: "You shook me" dan "I can’t quit your baby", keduanya dibuat oleh artis blues, Willie dixon. 
"Babe i’m gonna leave you" Mengenai lagu terakhir ini, pada waktu itu gitaris Jimmy page mengira bahwa ia sedang melakukan adaptasi dari sebuah lagu rakyat tradisional yang ia dengar pada salah satu rekaman Joan Baez, tetapi hal ini kemudian diperbaiki pada saat rilis, setelah diketahui bahwa lagu ini diciptakan oleh Anne bredon pada medio 1950-an. 
Disisi lain, Dixon menerima penghargaan yang layak sebagai komposer dari kedua lagunya di album ini (meskipun "You Shook Me" kemudian akan diberikan penghargaan tambahan kepada J.B lenoir) tetapi akan melaporkan Led Zeppelin ke pengadilan atas pemakaian sebagian lirik lagunya yang disadur oleh Robert Plant pada lagu "Whole lotta love". Pada lagu "You Shook Me", Plant dengan suaranya menirukan efek gitar yang dimainkan oleh Page - sebuah teknik yang di kemudian hari disebut "call and response”.
Jeff beck sebelumnya sudah pernah merekam "You Shook Me" untuk album solonya, Truth, dan menuduh Page mencuri idenya. Bersama John paul jones dan drummer Keith moon dan the who, Page telah memainkan (dan juga membuat aransemen, katanya) "Beck's Bolero", sebuah instrumental pada album Truth yang kemudian akan diberi sedikit groove ketika digabungkan dengan permainan Led Zeppelin pada lagu "How Many More Times". Polinasi silang ini mengarah menuju konflik antara Beck dan Page yang telah bermain bersama di The Yardbirds dan berteman sejak masa kecil mereka. Pada kenyataannya, Page adalah orang yang menyarankan Beck untuk masuk ke dalam The Yardbirds ketika ia dihubungi setelah kepergian Eric clapton.
Pada sebuah wawancara yang ia berikan pada tahun 1975, Page menawarkan perspektifnya sendiri terhadap musik di dalam album ini:
Untuk materi musik, kami jelas-jelas pergi ke awal akar blues kami. Saya masih mempunyai banyak riff sisa dari The Yardbirds. Ketika Jeff  Beck pergi, semuanya tergantung saya untuk muncul dengan banyak materi baru. Dasar inilah yang diletakan oleh Eric Clapton, yang harus diikuti oleh Beck dan kemudian menjadi semakin susah bagi saya, sebab gitaris kedua tiba-tiba harus menjadi gitaris utama. Dan saya didesak untuk datang dengan riff-riff saya sendiri. Pada rekaman pertama saya masih banyak dipengaruhi oleh masa-masa awal bermusik saya. Saya rasa, itu agak... Jelaslah pada saat itu bahwa seseorang harus mengambil tampuk kepemimpinan, atau kami hanya akan duduk dan bermain-main selama enam bulan ke depan. Tetapi setelah itu, pada album kedua, Anda dapat mendengar identitas Led Zeppelin datang bersamaan.
Plant kemudian dicatat pada album ini sebagai "bass tambahan". Pada sebuah sesi wawancara yang diadakan oleh majalah Rolling stone pada tahun 2005, Plant memberikan referensinya:
Sebenarnya, saya adalah pemain bass tambahan. Pada "Zeppelin I", dissebelah nama saya: vokalis, harmonika dan bass tambahan. Sangat jarang -- hanya sekali, pada tahun 1968, saya rasa. Demi Tuhan, nama yang tercetak pada sampul album itu benar-benar lucu. Saya yakin Jonesy [John Paul Jones] tidak akan menyukainya . Tetapi saya rasa ketika ia sangat kesal, ia selalu mengatakan bahwa itu salah saya.

Tanggapan pers
Album ini dipromosikan pada beberapa majalah musik dibawah slogan "Led Zeppelin — the only way to fly". Awalnya, album ini mendapatkan banyak kritik buruk. Pada sebuah kritik pedas, majalah rolling stones menyatakan bahwa Led Zeppelin menawarkan "tidak banyak kemiripannya dengan, the Jeff back group yang sama buruknya atau lebih baik tiga bulan yang lalu... Album ini tampak seperti usaha mereka untuk mengisi celah yang ada akibat bubarnya cream, mereka harus mencari produser, editor, dan beberapa materi lagu yang layak sesuai dengan talenta mereka." Mereka juga menyebut Plant sebagai "seflamboyan Rod steward tetapi jauh dari menarik". John Paul Jones kemudian mengingat:
Kami mendapat cercaan keras dari pers pada masa itu. Tidak ada seorang pun yang tampaknya ingi mengenal kami untuk satu atau lain alasan. Kami pergi ke Amerika Serikat dan membaca ulasan Rolling Stone atas album pertama kami, yang mengatakan bahwa kami hanyalah band Inggris kacangan lain. Kami tak dapat mempercayainya. Dalam kenaifan kami, kami kira kami telah membuat sebuah album yang bagus dan kami melakukannya dengan benar, lalu racun ini datang beterbangan. Kami tak dapat mengeri mengapa atau apa yang telah kami lakukan kepada mereka. Setelah kejadian ini, kami benar-benar berhati-hati dengan pers, yang berubah menjadi situasi ayam-dan-telur. Kami menghindari mereka dan mereka juga menghindari kami. Hal ini terjadi hanya karena kami melakukan banyak prtunjukan bahwa reputasi kami tersebar sebagai band live yang bagus.
Seperti yang tercatat oleh jurnalis musik rock Cameron crove bertahun-tahun kemurdian: "Zaman itu adalah zaman dimana super-groups, atau band yang penuh semangat akan segera menghentikan aksi mereka, dan Led Zeppelin sedari awal telah berani melawan trend untuk membuktikan keaslian mereka.
Meski demikian, reaksi pers terhadap album ini tidak sepenuhnya bernada negatif. Di Inggris, album ini menerima ulasan yang positif pada majalah Melody maker. Chris welch menulis, pada sebuah ulasan berjudul "Kemenangan Jimmy Page — Led Zeppelin adalah obat bius!": "lagu-lagu mereka tidak bergantung pada riff blues yang jelas, meskipun ketika mereka memainkannya, mereka menghindari kelemahan dari sebagian besar band yang disebut band blues Inggris".
Album ini sangat laku di pasaran. Awalnya dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 17 Januari 1969 untuk memodali tur konser pertama mereka di amerika serikat. Sebelumnya, Atlantic Records telah mendistribusikan beberapa ratus kopi album ini ke radio-radio utama dan pengamat musik. Reaksi positif atas isi album, ditambah dengan reaksi positif atas konser pembukaan Led Zeppelin, mengakibatkan album ini segera mendapat pesanan sebanyak 50.000 kopi sebelum rilis resminya. Dalam dua bulan setelah rilis, album ini mencapai Billboard's Top 10. Album ini bertahan di chart peringkat Billboard selama 73 minggu dan bertahan selama 79 minggu di daftar peringkat Inggris. Pada tahun 1975, album ini telah mencetak keuntungan kotor sebesar $ 7.000.000.
Kesuksesan album
Kesuksesan dan pengaruh dari album ini sekarang telah dikenal secara luas, bahkan di antara para kritikus yang awalnya bersikap skeptis. Pada tahun 2006, contohnya, Rolling Stone menyatakan
album ini tidak seperti album-album lainnya. Aransemennya lebih rumitdari cream atau jimi hendrix, kepiawaiannya tidak serumit Ironbutterfly atau bombastis layaknya Vanilla fudge Perbandingan terdekat mungkin dengan MC5 atau stooges-keduanya dari Michigan dan tidak ada satupun dari mereka mempunyai kecemerlangan atau kegagahan Led Zeppelin, dan tidak juga Led Zeppelin memiliki kepekaan politis ataupun sosial seperti yang dimiliki kedua band tersebut. Kendati demikian, yang mereka lakukan adalah potensi menuju audiens massa.
Menurut Lewis:
Waktu tidak dapa berbuat apapun untuk menurunkan kualitas dari salah satu album debut terbaik yang pernah dibuat. Ada perasaan perlu dan antusiasme tentang performa mereka yang karismatik tak lekang dimakan waktu. Time has done nothing to diminish the quality of one of the finest debut albums ever recorded. Kesembilan lagu di dalamnya menawarkan tour de force yang berisi dinamika yang kuat lagi mantap ... dan jangan kita lupakan pula fakta bahwa dengan album ini, Page telah menciptakan riff gitar sebagi komponen kunci dalam penulisan lagu.
Pada tahun 2003, VHI menganugerahi Led Zeppelin sebagai album ke-44 terbaik sepangjang masa, sedangkan Rolling stones menempatkan Led Zeppelin pada posisi ke-29 dari daftar 500 album terbaik sepanjang masa. Album ini secara luas dianggap sebagai tanda akil balig yang signifikan terhadap evolusi musik hard rock dan havy metal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar