TEKS

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA
Blog ini berisi kumpulan artikel,puisi dan film favorit saya.semoga blog ini bermanfaat untuk anda

Kamis, 08 Maret 2012

MARGONO & SUWITO part 2

Perjalan menuju ibukota (1)

Pagi itu Margono & Suwito berjalan hingga sampai di ujung kampung mundurasih selalu. mereka menunggu angkutan umum. Sudah 1 jam mereka menunggu namun angkutan umum tidak kunjung datang.

suwito: udah garing nih kita nunggu disini. ga kerasa uudah 1 jam. tapi ga ada 1 pun angkutan umum yang mau ke bakauheni.. gimana nih no?
margono: santai aja to... tenang (selow bat sur)

Beberapa menit kemudian. mobil penjual kambing pun lewat di depan mata mereka. Namun Suwito hanya bengong.
Kemudian margono mencolek suwito..

margono: woi bujang pelamun jangan bengong!!. mending kita kejer tuh mobil kambing.
suwito: hah... apa'an? ( bertanya dengan wajah imut)
margono: kejer mobil kambing itu!!!!
suwito : hah...ngapain dikejer?

Tanpa menghiraukan ucapan suwito. margono segera berlari  mengejar mobil penjual kambing tersebut.
suwito yang merasa kecolongan start segera ikut berlari mendekati margono. namun suwito masih jauh tertinggal, margono yang tadi pagi sarapan NARKOBA ( nasi karo bakwan) mepunyai cukup banyak tenaga untuk berlari kencang. sedangkan suwito yang hanya sarapan ceramah di tv ( alias ga sarapan) tidak sanggup melawan kecepatan margono.
suwito yang sudah ngos - ngosan pun berhenti berlari.

suwito: hah..hah..hah (suara nafas kretek) tungguin gua!!! woiii no tungguin gua... jangan tinggalin gua dong!!

Margono yang tidak mendengar teriakan dari suwito terus berlari mengejar mobil penjual kambing tersebut. Sadar bahwa margono tidak menghiraukan teriakannya. suwito pun mengumpulkan tenaga. ia mengepalkan tangannya dan berkata dalam hati " semangat to..kejer margono...lo pasti bisa" .
Dengan semangat yang membara bagaikan api kompor. ia berlari dengan sangat kencang seperti superhero luar negeri (flash) ia terus berlari hingga akhirnya ia mendekati margono..

suwito: no gua udah capek nih.. tolong tuntun gua... biar ga jatoh
marrgono: walah to.. lo ngalem amat jadi cowok.... sini tangan lo

Bagaikan pelari estafet yang sedang memberi tongkat mereka pun akhirnya berpegangan.

suwito: ngapain sih lo ngejer mobil kambing?... lo mau beli kambing ya no?
margono: walah...lemot bener nih bocah!!!. kita minta nebeng sama mobil ini. siapa tau dia mau ke bakau!!
suwito: oh gitu toh........hehehehe lemot dikit no (masang muka imut dan sumringah)

Mereka terus berlari hingga sampai di samping pintu mobil. kemudian mereka berteriak kepada supir mobil tersebut. dan akhirnya mereka berhasil menghentikan mobil tersebut.
Pak supir yang bingung akan tingkah mereka berdua segera turun dari mobil lalu menghampiri margono & suwito. pak supir tersebut merogoh belakang punggungnya lalu mengeluarkan pisau belati.

pak supir: mau apa kalian ngejer mobil saya? mau ngerampok ya? (sambil nodongin pisau)
margono: ngapain lo to nyumput di belakang gua? ( suwito yang mukanya udah pucet, nyumput dibelakang badan margono) walah pak..ngapain kita ngerampok kambing? kita berdua cuma mau nebeng.
pak supir: ohh begitu..emangnya kalian mau kemana ( bertanya sambil masukin pisau kekantongnya lagi)
margono:  nah..gitu dong pak.. dimasukin aja pisok nya. kami mau ke bakau pak. apa tujuan bapak kesana?
pak supir: oh kebetulan saya juga mau nganter kambing kesana.
margono: apa kami boleh nebeng sampe sana ?
pak supir: boleh.. tapi kalian di belakang ya.. karena di depan udah penuh dengan barang.
margono: ga masalah pak. terimakasih pak ..
pak supir: sama - sama...cepet naek sekarang!!
margono: oke..siap pak!!

Akhirnya margono & suwito mendapat tumpangan menuju bakauheni. mereka berdua segera naik di bak mobil yang di penuhi beberapa kambing bandot. walaupun mereka di tempatkan bersama para kambing. tetapi mereka tetap tersenyum.

margono: emm...bau kambing ini sama kaya lo to.. jangan - jangan lo bapak dari kambing - kambing ini ya? hahahhahahaa
suwito: sembarangan lo...(menjawab dengan muka yang masih pucet pasi) emang gua cowok apa'an ? bisa punya anak kambing bandot!!( membuang muka )
margono: walah... bujang bombay ngambek? daripada bete. mendingan lo nyanyi india aja to... suara lo kan keren banget!!
suwito: lo mau rikues lagu apaa dari gua?
margono: ehmmm bingung nih gua
suwito: ayo sebutin aja judulnya? kalo urusan lagu india gua udah hatam semua no.
margono: oke gua rikues lagu koi mil gaya.
suwito: kecil (menjentikan jari)

Kemudian suwito pun beryanyi dengan diiringi OST.musik koi mil gaya (berasa karokean) . yang berdurasi 03:27 menit.
namun tiba - tiba musik terhenti.

margono: asik nih lagunya to... gua mau ikutan nyanyi tapi ga hafal liriknya to
suwito: lo coba liat kebawah..tuh ada teks nya ( udah kaya karokean lewat vcd bajakan)
margono: walah to..streess lo
suwito: makanya jangan ganggu konsentrasi gua dong.
margono: oke lanjutkan!!

Dan perjalan yang bau kambing itu pun dipenuhi dengan kegembiraan oleh dua orang pemuda lugu.
Siang datang. mereka pun menghentikan kegila'anya. margono yang kelelehan bersandar di bak bagian depan. sedangkan suwito yang telah kelelahan bernyanyi bersandar di bak bagian belakang. mereka saling pandang kemudian mereka pun saling bertukar pikiran.
perjalan yang telah sampai di bandar lampung, tepatnya daerah lapangan enggal saburai.
membuat mereka melongo. kerena melihat gadis - gadis yang cantik.

margono: to gimana ya kita nanti di jakarta? kita disana bakal dianggep ga ya?
suwito: mungkin, tapi kayanya kita berdua harus rubah penampilan, biar bisa dianggep orang.
margono: gud juga tu ide lo. gua saranin ya to.. sebaeknya lo belajar make sendal. lo liat tuh cewek - cewek cantik yang lagi nongkrong disana. lo mau dapet cewek kaya gitu ga? kalo gua sih mau!! haha
suwito: gua kira lo selama ini homo... ga taunya doyan juga sama yang begituan.
margono: sembarangan lo ngomong!! mau ga lo sama yang kaya gituan?
suwito: wah gua hanya cinta sama yeni no.. tapi kalo buat hiburan mah gpp no.. tapi gmna kita bisa ngedapetinnya? siapa yg mau sama kita (ngapung, dekil, lugu, korengan, item)
margono: nah makanya itu kita harus rubah penampilaan to!!
suwito: oke deh gua nanti bakal biasain make sendal, biar bisa dapet yang begituan (ngarep).

Beberapa saat kemudian mereka melihat cewek - cewek labil yang menggunakan sepeda pixie sedang ngobrol di pinggir jalan. cewek - cewek labil ini hanya mengenakan tang top dan celana pendek. sehingga membuat dua pemuda ngapung ini melongo.

margono: walah to.. gua sakit pala ngeliatnya.. lo liat tuh pahanya... mulus banget to!! (sambil narik - narik baju suwito)
suwito: ia no.. mulus banget!! kaya yang gua tonton di handphone cinanya pak RT. pahanya mulus..
margono: emang film apa'an to?
suwito : kata pak rt sih film unyil no.. waktu itu gua lagi di pos ronda, ngopi dan ngerokok gudang garem paijo. terus pak rt dateng dengan muka sumringah... dia langsung nanya gua.

pak RT: to ngapain kamu disini?
suwito: ngopi pak rt.
pak RT: mau nonton film ga? ( niatnya mah mau pamer handphone baru)
suwito: wah pak rt handphone baru ya? merek nya apa'an pak ?
pak RT: mereknya PUTAUXI .. keluaran baru nih to!!
suwito: wahh keren abis pak. tapi ngomong - ngomong mana filmnya? emang film apa'an pak?
pak RT: film unyil to... yang maen jepang lawan spanyol..
suwito: wah film bola world cup 2012 ya pak? jepang lwan spanyol!!
pak RT: bukan to!! nih liat sendiri!!

Suwito segera bangun dari tempat duduknya lalu menghampiri pak RT yang sedang berdiri. lalu ia segera melihat handphone milik pak RT .

suwito: oh film ini toh.(kemudian ia kembali duduk dengan wajah lugu tanpa expresi)

Setelah suwito duduk kembali. dan berfikir tentang film tersebut.  tiba - tiba ia sadar bahwa fllm yang ia tonton adalah film cabul. dengan cepatnya ia kembali berdiri (dengan wajah mupeng) lalu menghampiri pak RT dan meminjam handphone tersebut. lalu suwito mencari tempat aman untuk menghindari serangan dari belakang, awasan dari mata - mata dan serangan yang mengejutkannya.
Dengan gerakan mirip ninja hatori ia pun masuk ke bawah kolong pos ronda. tanah kotor tidak menjadi masalah. sambil tiduran ia pun melanjutkan acara menontonnya serasa bagaikan pos ronda milik sendiri.matanya terus melotot. dan mulutnya menganga.

suwito: begitu no ceritanya... cewek jepangnya nangis - nangis no..
margono: oh begitu toh.. kok ceweknya nangis to? emang di apain?
suwito: di sodok - sodok no..
margono: di sodok make sapu?
suwito: bukan no!!
margono: di sodok sama apa dong?
suwito:  di sodok itu tuh ( jari telunjuknya mengarah ke kelamin kambing)
margono: walah ... sama itu doang kok bisa nangis?(menggelengkan kepalanya)
suwito: punya orang spanyolnya kurapan dan korengan no!!
margono: walah.... pantesan aja ceweknya nangis....takut sama korengnya!!

Beberapa saat kemudian suwito pun mengantuk. kemudian ia berbaring.

suwito: no gua tidur ya.... kalo udah sampe bakau lo bangunin gua ya.. hooam ..selamet bobo no!!!
margono: mau dinyanyiin lagu nina bobo ga to? haha (menaekan alis matanya)
suwito: waaahh... ogah no.. suara lo cempreng abis (sambil menyodorkan jempolnya)
margono: hahahaha..... to mau gua kasih tau sesuatu ga?
suwito: halah no...lo mau nipu gua kan?
margono: ga to !!... gua cuma mau ngasih tau sesuatu aja
suwito: emang apa'an?
margono: coba geh badan lo geser kesebelah kiri, tapi jangan bangun ya. digeser aja.
suwito: oke

Setelah suwito menggeser tubuhnya. ia pun terkejut.

suwito: wah no gua nidurin tai kambing. lo sih nyuruh geser.... jadinya nempel semua dibaju gua (tapi expresi mukanya ga marah dan ga kesel)
margono: hahahahaha sory no. lain kali lo jangan tidur disembarangan tempat lagi!!
suwito: gausah minta maap..gpp kok...santai aja!! (expresinya biasa aja)

Bagi suwito tai yg menempel dibajunya tidak menjadi masalah.
Sambil membersihkan tai yang menempel dibajunya. suwito pun berkata (untung tai nya tadi ga keinjek sama gua no) .
Margono yang mendengar ucapan tersebut langsung kaget setengah mati.
margono: walah...suwito..suwito!!(menggelengkan kepala)
suwito: kenapa no? ada yang salah?
margono: gpp to, lupain aja (sambil nyengir)

Setelah itu mereka kembali berbincang - bincang dan mobil pun melaju semakin kencang.

by : Edwar kancil

tunggu lanjutan ceritanya ya..
terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar