TEKS

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA
Blog ini berisi kumpulan artikel,puisi dan film favorit saya.semoga blog ini bermanfaat untuk anda

Rabu, 07 Maret 2012

MARGONO & SUWITO part 1

MARGONO & SUWITO : MENGADU NASIB DI JAKARTA

Suatu hari, ada dua orang pemuda yang sedang gundah gulana yaitu margono dan suwito. mereka sedang asik ngobrol dibawah pohon duren. Berawal dari obrolan ringan hingga obrolan serius.

margono: kok lo ga pernah make sendal sih to?
suwito: gua ga biasa make sendal.kalo make sendal gua merasa ga nyaman. makanya nih kaki gua banyak korengnya (sambil tertawa kecil)
margono: gua yakin kalo cewe ngeliat lo. pasti langsung kabur....hahaha.. korengan sih lo..makannya ikan asin terus, campur tiwull.. untung aja si yeni mau sama lo
suwito: wah kelewatan nih lo !!!! ngongeknya bawa-bawa fisik...becandaannya ga asik..
margono: hahaha tapi itu fakta to...
suwito: oke.. masih mending gua cuma korengan, dari pada lo...(ngapung,dekil,kriting, jelek) lengkap no.. kaya seperangkat alat make up
margono: wahh...ngajak ribut nih lo..

margono & suwito pun berantem, pertarungan mereka dibuka oleh margono dengan teknik (jab) untuk mengganggu konsentrasi suwito. namun suwito tak gentar. ia segera mengambil tindakan untuk menghidar menggunakan teknik (wiping) lalu ia memberi (long hook) ke arah samping wajah margono. "buuukkk" seketika itu margono pun terjatuh.
margono: gua masih belum kalah to... tunggu balesan dari gua (sambil mengelus pipi)
suwito: gau usah banyak cing cong lo no.. ayo bangun !!

margono yang telah berdiri. segera menghampiri suwito lalu ia mengambil kuda-kuda. tanpa ragu margono pun melepaskan pukulan (straight) ke arah suwito.
kemudian suwito yang berusaha menghindar menggunakan teknik (saisteb) tetap saja terkena oleh pukulan dari margono. " buuuukk preettaak" hidung suwito pun mengeluarkan darah. pertarungan semakin sengit hingga kedua pria pas-pasan itu lemas tak mampu berdiri lagi.
margono: aahhh....gua capek banget to... siapa nih yang menang? (sambil rebahan)
suwito: gua juga capek no... kaya nya kita seimbang.. lain kali kalo berantem make pistol aja no.. biar ga capek.
margono: gud juga ide lo...besok kita beli pistol ya?
suwito: haha sok ada uang lo..
margono: ia juga.. kita kan udah nganggur selama 5 tahun.. yahh ga jadi deh beli pistolnya (cemberut)
suwito: ngomong-ngomong soal pekerjaan... dari pada kita ribut kaya gini. mendingan kita nyari kerja aja yok no..
margono: mau nyari kerja dimana to? udah ga ada tempat lagi buat kita (pilot,astronot, ilmuwan, dokter dan guru) udah banyak. belum pekerjaan yang lain (tukang ojek, tukang becak, tukang semir, tukang sol sepatu tukang cendol, tukang bakso, tukang ngamen dll) udah banyak juga to.
suwito: bener juga kata lo . belum ditambah lagi pekerjaan orang yang kaya kita ini (tukang nodong orang tua, tukang mabok, tukang nipu, tukang tidur, tukang makan, tukang buat masalah, tukang nyusahin orang dll) udah banyak juga yang ngelakonin pekerjaan kita ini.
margono: bener banget.. oh ia gua ada ide nih........
suwito: apa'an?
margono: gimana kalo kita merantau aja ke jakarta? nyari kerja disana, lo kan hafal tuh lagu-lagu india.. sapa tau lo bisa sukses kaya briptu normaan..hehe
suwito: hah gila lo.. ongkos darimana?
margono: kita buka tuh entar malem warungnya pak mamat, kita sikat aja uang berserta embel-embelnya.. berani ga lo?
suwito: ahh lo meragukan gua .. oke laksanakan.

Dan malam pun tiba, tepat pukul 02:00 waktu indonesia bagian lampung rw. 3. rt .5. 10 nomer warungnya tepat di tengah-tengah desa mundurasih selalu, disamping Pt.angin ribut yang asep pabriknya kemana-mana. mereka menggelar aksinya.....
suwito: topeng gua udah bener belum nih? muka gua masih keliatan ga?
margono: lo make topeng apa'an tuhh? gelep banget.. muka lo udah ga keliatan kok to.. gantengan kaya gini malah...hihi
suwito: masih aja lo becanda..gua tadi bingung mau make apa.. terpaksa gua pake leging emak gua  ..( benerin leging butut dimuka)
margono:walah to to........edan
suwito: ayo beraksi sekarang !!
mereka pun mengendap-endap mencari sisi warung yang mudah untuk di buka. diiringi OST.mission impossible, mereka beraksi ( jet jet jet jet jet jejet jet jet jet jet jet jejet)
margono: to..obeng.
suwito: nih..
margono: kok piso dapur?
suwito: obeng gak ada no..jadi gua bawa piso dapur aja..
margono: walah @#@$%$@$%

sekrup dan paku warung pun terbuka, dan mereka berhasil mendapatkan banyak uang, makanan dan rokok. kemudian dimasukannya kedalem kantong plastik.
lalu mereka segera memperbaiki sekrup dan pakunya kembali.

margono: to gua minta palu
suwito: nih no...
margono: kok batu pondasi?
suwito; gua lupa bawa palu..lagian palu dirumah gua beratnya 10 kilo,
margono: walah lagiii lah ##@#@#*&%#%&
suwito; hahaha lo masih aja becanda.
mereka pun berhasil merampok warung itu..dan mereka mengendap-endap kemudian berlari diiringi OST. ending film tom and jerry..yang menggelegar
mereka pun lenyap ditengah kegelapan malam.

Sesampainya dirumah..mereka menyiapakan pakaian serta tas untuk merantau esok pagi.
suwito: lo bawa apa aja?
margono: gua bawa baju 8 dan celana 5 aja to.. kalo lo gmna
suwito; gua bawa baju yang gua pake aja lah no....
margono: bener - bener jorok nih bujang
suwito: maklumin aja kalo gua gini.. gua kan bujang bombay.... ga perlu penampilan . nyanyi india dikit aja cewe langsung kelepek-kelepek sama gua (sambil membusungkan dada dan memukul-mukulnya)
margono: terserah lo lah to. gua mah " ia" aja hahaha...

Bulan malas untuk pulang dan matahari pun datang dengan senyuman.
kemudian mereka pamit dengan orang tua masing-masing.
margono: pak e, bu e, aku pamit mau nyari kerja di jakarta, doa kan anak mu ini ya pak e dan buk e
Pak e & buk e : ia nak.. jangan nakal ya disana.... kalo lebaran pulang ya.. hati-hati dijalan
margono: ia pak e & buk e. aku pergi dulu ya "bye - bye" ( tulisannya mah bener, ngomongnya biye - biye)
margono pun melangkahkan kakinya menuju rumah suwito.

Suasana dirumah suwito begitu tegang, karena kekasih suwito tidak mengizinkannya pergi. sepasang kekasih ini pun berdebat disaksikan oleh kedua orang tua suwito.
perdebatan yang romantis ala bollywood diiringi dengan OST. instrumental  lagu everithing i do. ini semakin panas.
suwito: kekasihku izinkanlah pangeranmu ini merantau, dikarenakan untuk mencari uang... bila sudah dapat uang yang banyak aku akan segera melamarmu ...
yeni: bukannya aku tidak mengizinkanmu tapi aku takut tidak tahan jika selalu rindu dengamu pangeranku..
aku takut kamu berpaling dengan gadis kota..
suwito: tenang saja kekasihku..aku akan selalu menjaga hatiku nanya untukmu... percayakanlah semuanya padaku..aku pun sudah mencatat kode pos rumah mu..
yeni: maksud nya? untuk apa mencatat kode pos?
suwito: berhubung kita belum punya handphone, sementara ini kita bebalas surat dulu... untuk itu aku mencatat kode pos rumahmu... aku akan selalu mengirimkan surat untukmu
yeni: baik...aku percaya padamu...tapi berjanjilah padaku bahwa kamu akan selalu mengirimkan surat untuk ku.
suwito: aku berjanji kekasihku..sesampainya di jakarta nanti aku akan mengirim surat untukmu..

Tiba-tiba margono datang, dan segera masuk kedalam rumah suwito. ia melihat yeni & suwito sedang berdebat dengan romantis. seketika itu margono terdiam lalu menjatuhkan tas nya.. " bukk" bunyi tas jatuh.
yeni dan suwito pun terkejut, mengapa margono begitu.
margono yang masih terdiam perlahan - lahan menggerakan bibirnya.

margono: ohh begini kalian sewaktu ga ada gua!!!
suwito: maksud loooo??
margono: seharusnya setelah gua dateng, barulah kalian beradegan mesra kaya film bollywood, kalo kaya gini kan gua jadinya ketinggalan cerita..!!
suwito: mmbbbrrruuttttttt!!!

margono pun duduk dikursi dan menikmati pertunjukan.
suwito: ngapain lo duduk?
margono: mau nonton drama kalian..lanjutkan dong!! udah lama gua ga nonton film bollywood semenjak TV gua jual, jadi sebagai pengobat rindu sama film bollywood, gua nonton kalian berdua aja lah.. sama aja kok. dan jangan lupa nanti lo nyanyi juga ya to....hehehe
suwito: ga ada...  ga ada adegan lagi. kita udah mau berangkat!!
margono: huuu ga asik lo to.....

Setelah itu suwito pun bersiap untuk pergi. sebelum pergi suwito menyempatkan diri untuk pamit.
suwito: emak e, bapak e aku pamit mau merantau, mohon doa restunya ya. doain supaya aku sukses.
emak e & bapak e: selamat jalan nak.. kami akan selalu merindukanmu.. doa kami menyertaimu
suwito: kekasihku yeni sunarti. izinkanlah pangeranmu ini pergi merantau.
yeni: ia pangeranku aku izinkan..aku akan setia menunggumu disini. jangan pernah kau lupakan aku.
suwito: terimakasih kekasihku. aku percaya kamu pasti setia dan aku akan selalu menjaga amanat darimu ,aku akan selalu merindukanmu... selamat tinggal kekasihku

Margono & suwito melangkahkan kakinya. perlahan menjauhi rumah dan mereka siap menerjang kerasnya kehidupan di jakarta...

by: Edwar kancil

tunggu cerita selanjutnya :)

2 komentar:

  1. liyaa_fauzia@yahoo.com8 Maret 2012 07.48

    ceritanya bagus
    ada unsur humorisnya,

    oke deh w tunggu cerita selanjutnya
    ocre ..... :)

    BalasHapus
  2. okeeeyyyy hehehehe
    terimakasih

    BalasHapus